Monday, May 16, 2011

be e (BE) el a (LA) je a (JAR) = BELAJAR

Sering kita mendengar kata belajar, bukan?
Kita perlu ketahui, belajar merupakan sebuah proses yang kompleks yang terjadi pada semua orang dan berlangsung seumur hidup. Sejak kita masih bayi (bahkan dalam kandungan) hingga ke liang lahat nanti. Yang menjadi salah satu pertanda bahwa seseorang telah belajar sesuatu adalah adanya perubahan tingkah laku dalam dirinya. Perubahan tingkah laku tersebut bisa bersifat pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan sikap (afektif).

Ada beberapa ahli juga lho yang berpendapat mengenai definisi kata belajar.
Mau tahu..? Yuk kita lihat disini!!
  1. W. H. Burton (1984) mengemukakan bahwa belajar adalah proses perubahan tingkah laku pada diri individu karena adanya interaksi antara individu dengan individu dan individu dengan lingkungannya sehingga mereka lebih mampu berinteraksi dengan lingkungannya.
  2. Earnest R. Hilgard mendefinisikan belajar sebagai suatu proses perubahan kegiatan, reaksi terhadap lingkungan.
  3. H. C. Witherington belajar sebagai suatu perubahan di dalam kepribadian yang menyatakan diri sebagai suatu pola baru dari reaksi berupa kecakapan, sikap, kebiasaan kepribadian, atau suatu pengertian.
  4. Gage Berlinger mendefinisikan belajar sebagai suatu proses dimana suatu organisme berubah perilakunya sebagai akibat dari pengalaman
  5. Gagne mengatakan bahwa belajar adalah suatu proses perubahan perilaku yang relative menetap yang dihasilkan dari pengalaman masa lalu ataupun dari pembelajaran yang bertujuan atau direncanakan.
Nah itulah pendapat-pendapat mereka tentang belajar ^^

Kalau bisa disimpulkan, seseorang telah belajar kalau terdapat perubahan tingkah laku dalam dirinya. Perubahan tersebut terjadi sebagai akibat interaksi dengan lingkungannya, tidak karena pertumbuhan fisik atau kedewasaan, tidak karena kelelahan, penyakit atau pengaruh obat-obatan. Perubahan tersebut haruslah bersifat relative permanent, tahan lama dan menetap, serta tidak berlangsung sesaat saja.

Setelah kita tau definisi belajar, maka tanamkanlah kebiasaan belajar dalam dirimu. Seperti kata-kata bijak di bawah ini ^^ :
“Bertumbuh itu adalah ciri-ciri makhluk hidup. Berkembang adalah ciri-ciri seorang manusia. Berkembang dimulai dari belajar” (Anton Huang)

Sumber :
Siregar, Evelin dan Hartini Nara. 2007. Buku Ajar Teori Belajar dan Pembelajaran. Universitas Negeri Jakarta.

No comments:

Post a Comment