Saturday, June 11, 2011

Sulit Belajar Di Siang Hari

Kenapa aku tidak bisa belajar di siang hari??
Kenapa aku sulit berkonsentrasi saat belajar di siang hari? Sedangkan saat belajar di malam hari,, aku mudah sekali untuk berkonsentrasi. Bagaimana solusinya??

Jawab:
Dilihat dari pertanyaan kamu, kamu terbiasa belajar pada malam hari. Karena kebiasaan tersebut, maka kamu juga terbiasa menerima info pada saat malam hari saja. Untuk mengatasinya, mungkin kamu bisa mencobanya dengan beberapa hal, seperti: 

  1. Membuat jadwal belajar. Membagi waktu belajar untuk siang hari dan malam hari, agar dapat terbiasa belajar di siang hari. 
  2. Membagi waktu istirahat. Luangkan sedikit waktu pada setiap belajar untuk beristirahat sejenak, bisa dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan.
  3. Variasi. Variasikan kegiatan belajar kamu dengan sesuatu yang menyenangkan dirimu yang dapat menjadi kegiatan selingan ketika kamu sedang belajar, sehingga kamu tidak akan merasa jenuh.
  4. Penghargaan. Berikan penghargaan pada diri kamu sendiri ketika kamu berhasil menyelesaikan suatu hal tepat waktu. (Tips diadaptasi dari Kansas State University)
Ada juga beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi, seperti:
  1. Cahaya di ruang belajar yang kurang
  2. Kenyamanan ruang belajar
  3. Jauhkan dari gangguan
  4. Kesehatan badan

No comments:

Post a Comment